Pengetahuan listrik mesin jahit

Pengetahuan Listrik Mesin Jahit

Pengetahuan listrik mesin jahit
Pengetahuan listrik mesin jahit

Bapak ibu dan saudara saudari, berikut di bawah ini adalah pengetahuan listrik mesin jahit bagi para pengguna mesin jahit, mesin obras, dan mesin bordir komputer.

Penting sekali bagi pengguna mesin jahit untuk mengetahui tentang listrik karena mesin jahit portable multifungsi menggunakan listrik sebagai tenaganya atau sumber energinya.

Listrik itu ada 2 macam, yaitu:

  • Listrik AC (alternating current), arus listrik bolak balik atau tegangan listrik bolak balik, speksifikasi listrik yang ada di rumah kita adalah 220VAC 50HZ. Jika kita salah menggunakan listrik ini, akan mengakibatkan kita terluka, bahkan bisa berakibat kematian.
  • Listrik DC (direct current), arus listrik searah atau tegangan listrik searah. Sumber listrik searah, misalnya: baterei, aki, dan lain – lain. Kita juga dapat mengubah listrik arus bolak balik (AC) menjadi listrik searah (DC). Jika kita salah menggunakan listrik searah ini, juga dapat mengakibatkan kita terluka, bahkan mengakibatkan kematian.

Pada mesin jahit elektrik terdapat tegangan listrik bolak – balik dan pada mesin jahit digital terdapat tegangan listrik bolak – balik dan tegangan listrik searah.

“Berhati – hatilah menggunakan listrik!”

“Setiap konduktor (misal: logam, besi, alumunium, tembaga, emas, dan logam lainnya, serta air) dapat menghantarkan listrik, jika kita menyentuh konduktor yang beraliran listrik, maka kita akan merasakan sengatan aliran listrik ini.”

“Yang terpenting pada kabel power listrik mesin jahit anda tidak ada yang terkelupas isolatornya atau rusak”