Seri Elektronika Teknisi Mesin Jahit – Kelebihan Dan Kekurangan Dari Rangkaian Paralel Dan Rangkaian Seri Pada Rangkaian Listrik Atau Elektronik

Assalammualaikum Wr Wb,

Dari Bengkel Service Mesin Jahit dan Toko Mesin Jahit IMJ, postingan yang berjudul ” Seri Elektronika Teknisi Mesin Jahit – Kelebihan Dan Kekurangan Dari Rangkaian Paralel Dan Rangkaian Seri Pada Rangkaian Listrik Atau Elektronik “, berikut di bawah ini penjelasannya.

Seri Elektronika Teknisi Mesin Jahit - Kelebihan Dan Kekurangan Dari Rangkaian Paralel Dan Rangkaian Seri Pada Rangkaian Listrik Atau Elektronik b

Sebelumnya saya sudah menuliskan tentang rangkaian seri dan rangkaian paralel untuk resistor, sekarang saya akan menjelaskan tentang rangkaian seri dan paralel pada rangkaian listrik atau elektronik.

Rangkaian listrik antara rumah yang satu dengan rumah yang lain dipasangkan atau dirangkaikan secara paralel dan alat – alat listrik atau peralatan listrik rumah tangga, antara peralatan yang satu dengan peralatan yang lain, dipasangkan atau dirangkaikan secara paralel juga. Buktinya :

  • jika saklar MCB di rumah kita ” OFF ” atau turun atau mati listriknya, di rumah tetangga kita listriknya tidak padam.
  • jika televisi di rumah kita mati, kulkas atau ac atau kipas angin di rumah kita tidak ikut OFF / mati juga.

Jika peralatan listrik di rumah tangga kita dipasangkan secara seri, maka jika televisi kita OFF / mati, lampu/kulkas/ac/kipas angin/lainnya juga akan ikut OFF / mati.

Jika ada masalah atau kerusakan pada televisi di rumah tangga kita, misalnya short circuit, dapat mengakibatkan saklar MCB nya turun atau OFF, jadi peralatan lainnya tidak dapat dinyalakan atau di – ON – kan.

Pada rangkaian listrik atau elektronik berlakulah hukum atau rumus kirchhoff, hukum I kirchhoff adalah :

jumlah arus listrik yang masuk

=

jumlah arus arus listrik yang keluar

(pada rangkaian listrik atau rangkaian elektronik)

Seri Elektronika Teknisi Mesin Jahit - Kelebihan Dan Kekurangan Dari Rangkaian Paralel Dan Rangkaian Seri Pada Rangkaian Listrik Atau Elektronik c

I1 (arus listrik masuk) = I2 + I3 + I4 + I5 (arus listrik keluar)

Contoh besaran arus listrik yang mengalir pada rangkaian seri dan paralel, penjelasannya dapat melihat gambar di bawah ini:

Misalnya : lampu 1, lampu 2, dan lampu 3 berbeda nilai resistansi atau hambatannya.

Seri Elektronika Teknisi Mesin Jahit - Kelebihan Dan Kekurangan Dari Rangkaian Paralel Dan Rangkaian Seri Pada Rangkaian Listrik Atau Elektronik d

Pada rangkaian seri, besar arus listrik yang mengalir pada lampu 1, 2, dan 3 akan sama besarnya atau nilainya.

Pada rangkaian paralel, besar arus listrik yang mengalir pada lampu 1, 2, dan 3 akan berbeda besarnya atau nilainya, tergantung dari nilai resistansi masing – masing lampu ( I sumber = I lampu 1 + I lampu 2 + I lampu 3 ).

[ PROJECT MENJAHIT DAN MEMBORDIR ]

” berbagai petunjuk yang jelas dan lengkap untuk anda memulainya, mempelajarinya, dan memahirkannya tentang menjahit dan membordir, beserta contoh – contoh aplikasinya atau project nya. ”

Baca selengkapnya…..

Wassalammualaikum Wr Wb.

Penulis asli: Tim Ilmu Mesin Jahit Dot Com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *