Setting Tension Benang Atas Untuk Membordir Secara Komputer Lebih Rendah Daripada Untuk Menjahit

Setting Tension Benang Atas Untuk Membordir Secara Komputer Lebih Rendah Daripada Untuk Menjahit

Assalammualaikum Wr Wb,

Dari bengkel servis mesin jahit, mesin obras, dan mesin bordir komputer portable milik ilmu mesin jahit dot com, artikel tentang mesin jahit, mesin obras, dan mesin bordir komputer portable, artikel yang berjudul ” Setting Tension Benang Atas Untuk Membordir Secara Komputer Lebih Rendah Daripada Untuk Menjahit “, penjelasannya di bawah ini.

Mesin bordir komputer portable itu ada yang dapat juga digunakan untuk menjahit. Jika digunakan untuk menjahit, maka embroidery unit nya harus dilepaskan dari mesin bordir komputernya. Jika digunakan untuk membordir, maka embroidery unitnya harus dipasangkan pada mesinnya. Mesin bordir komputer portable yang dapat digunakan untuk menjahit ini memang terdiri dari dua bagian utama, yaitu machine unit dan embroidery unit. Lihat gambar di bawah ini :

mesin bordir komputer portable yang dapat digunakan untuk membordir dan menjahit

mesin bordir komputer portable yang dapat digunakan untuk membordir dan menjahit 2

Mesin bordir komputer portable jika digunakan untuk menjahit agar hasil jahitannya bagus, maka standar nya atau default nya tension benang atasnya disetting ke ” S “, S ini maksudnya adalah sewing (= menjahit (bahasa indonesia)), anda dapat melihat, seperti gambar di bawah ini:

Setting Tension Benang Atas Untuk Membordir Secara Komputer Lebih Rendah Daripada Untuk Menjahit

Mesin bordir komputer portable jika digunakan untuk membordir agar hasil jahitan bordirnya bagus, maka standarnya atau default nya tension benang atasnya disetting ke ” E “, E ini maksudnya adalah embroidery (= membordir (bahasa indonesia)), anda dapat melihat, seperti gambar di bawah ini:

Setting Tension Benang Atas Untuk Membordir Secara Komputer Lebih Rendah Daripada Untuk Menjahit 2

Mengapa setting tension untuk membordir lebih rendah jika dibandingkan untuk menjahit? Untuk menjahit digunakan benang atas adalah benang jahit dan untuk membordir digunakan benang atas adalah benang bordir, sifat dari benang bordir ini adalah lebih mudah putus jika dibandingkan dengan benang jahit, tetapi benang bordir juga memiliki sifat lebih mengkilap warnanya jika dibandingkan dengan benang jahit. Karena benang bordir ini lebih mudah putus maka tension benang atasnya disetting ke angka yang lebih rendah, angka default nya untuk setting tension benang atas ini dilambangkan dengan E, pada mesin bordir komputer portable merek lainnya jika tidak ada huruf E, disetting saja ke angka 3.

Jika setting tension di angka 3 atau huruf E ini masih kekencangan, boleh disetting ke angka yang lebih rendah, misalnya ke angka 2. Atau anda dapat menanyakannya ke pihak penjualnya atau yang melakukan instalasi mesinnya di tempat anda.

Benang atas mudah putus bukan saja disebabkan oleh setting tension benang atasnya yang kekencangan, bisa juga disebabkan oleh faktor lainnya. Tetapi sebaiknya anda memilih atau menggunakan benang bordir yang kualitasnya baik agar tidak mudah putus. Dan memperhatikan pula pemasangan benang atas yang benar untuk membantu memastikan benang atasnya tidak mudah putus.

Wassalammualaikum Wr Wb.

Penulis asli: Tim Ilmu Mesin Jahit Dot Com

Nilai artikel: 5+ [ +++++ ]