Menjahit Membuat Kerutan Atau Rempel Dengan Mesin Jahit Elektronik Portable

Salah satu lagi kelebihan dari mesin jahit elektronik portable adalah memiliki fitur ” needle position “. Needle position nya dapat digunakan untuk menjahit lurus, seperti:

+ menjahit lurus dengan posisi jarum di sebelah kiri.

+ menjahit lurus dengan posisi jarum di tengah.

+ menjahit lurus dengan posisi jarum di sebelah kanan.

Needle position ini juga dapat kita gunakan untuk menjahit lurus membuat kerutan atau rempel. Biasanya kita gunakan jahitan lurus dengan posisi jarumnya di tengah.

Kita juga menggunakan sepatu gathering untuk membuat kerutan ini. Kerutan atau rempel ini dibuat pada kain yang lembut atau kain yang tipis. Kain yang lembut atau tipis ini diletakkan di bawah sepatu gathering dan kain yang tidak mengkerutnya dimasukkan diselah sepatu gathering.

Kain yang lembut ini lebih mudah mengkerut saat dijahit lurus dengan sepatu gathering.

Kain yang diletakkan di sela sepatu gathering agar tidak mengkerut saat dijahit lurus dapat bergeser – geser, bagi pengguna pemula hal ini cukup menyulitkannya karena jahitannya dapat keluar dari jalur jahitan yang diinginkan karena bergeser – geser saat dijahit lurus dengan posisi jarum di tengah. Untuk menghindarkan terjadinya jahitan yang bergeser maka posisi jarumnya dipindahkan ke sebelah kiri jadinya lebar kainnya dari pinggir kain ke jarum lebih besar dan jika kain bergeser – geser saat dijahit tidak ada kain yang luput tidak terjahit, hasilnya lebih mudah dijahitnya. Itulah kegunaan needle position yang dapat digunakan bersamaan dengan sepatu gathering untuk membuat kerutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *