Pengaturan Lebar Jahitan Atau Stitch Width Di Mesin Jahit Elektronik Dan Fungsinya

Rata – rata besar atau ukuran dari lebar jahitan atau stitch width mesin jahit portable multifungsi adalah 5 mm. Tetapi beberapa model mesin jahit elektronik memiliki lebar jahitan hingga 7 mm.

Setahu saya besar lebar jahitan dari mesin jahit elektronik yang ada saat ini maksimal adalah 7 mm. Dengan lebar jahitan sebesar 7 mm ini, bentuk – bentuk jahitan zig – zag akan tampak lebih besar dan kita dapat melihatnya dengan lebih jelas.

Keindahan dari pola – pola atau model – model jahitannya dapat terlihat dengan jelas dan mesin jahit elektronik ini memang memiliki pilihan pola – pola atau model – model jahitan yang lebih banyak, dapat mencapai ratusan model jahitan, jadi memang lebih baik jika pola – pola jahitannya dapat dilihat dengan lebih jelas.

Kita juga boleh menggunakan benang bordir untuk hasil jahitan yang lebih bagus jika kita hendak menjadikannya sebagai hiasan atau dekorasi pada pakaian kita karena sifat dari benang bordir yang warnanya terlihat mengkilap dan jelas.

Fungsi lainnya dari adanya pengaturan lebar jahitan di mesin jahit adalah ketika kita menjahit model – model jahitan zig – zag di kain yang tipis, kita dapat mengatur lebar jahitannya ke angka yang lebih kecil, misalnya: 3 mm atau 2,5 mm atau 2 mm, agar saat kita menjahit dengan model – model jahitan zig – zag kainnya tidak mengkerut.

Itulah fungsi dari adanya pengaturan lebar jahitan atau stitch width dial di mesin jahit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *