Petunjuk Cara Menjahit Kain Yang Tebal Atau Beberapa Lapis Kain

Mesin jahit portable itu dapat menjahit kain yang tebal atau beberapa lapis kain, tetapi ketebalannya itu juga ada batasnya. Jika kita ingin menjahit kain yang tebal atau beberapa lapis, berikut petunjuknya:

  • tekanan sepatu terhadap kain.

Karena kain yang kita jahit tebal, maka tekanan sepatu terhadap kain harus dikendorkan agar kain tidak terlalu tertekan dengan sepatu mesin jahitnya sehingga kain sulit bergerak saat dijahit.

  • gunakan jarum yang ukurannya lebih besar.

Untuk menjahit kain yang tebal ini kita sebaiknya menggunakan jarum ukuran 16.

  • perhatikan putaran motor mesin jahitnya.

Menjahit kain yang tebal artinya memberi beban yang lebih pada mesin jahitnya sehingga motor harus berputar extra kuat. Beban yang berlebih ini menyebabkan motor agak sulit berputar, bahkan dapat saja lebih sulit berputarnya. Untuk mengetahui hal ini, cara yang mudah adalah dengan tangan kanan kita memutar handwheel mesin jahitnya, apakah ringan diputarnya atau terasa agak berat?

  • jenis jarum.

Ada jarum jenis standar yang dapat digunakan untuk menjahit bermacam – macam jenis kain, ada pula jarum yang khusus untuk menjahit kain yang keras karena jenis kainnya memang keras dan karena beberapa lapis hingga menjadi lebih keras kainnya dibandingkan dengan satu lapis kainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *