Setting Standar Langkah Jahitan Atau Stitch Length Untuk Jahit Lurus

Langkah jahitan atau panjang jahitan atau stitch length ukurannya adalah dari 0 mm sampai dengan 4 mm di mesin jahit portable multifungsi. Langkah jahitan ini dapat kita atur atau tentukan sendiri. Langkah jahitan ini dapat disesuaikan dengan jenis pola jahitan yang kita pilih atau gunakan saat menjahit. Di postingan kali ini saya hendak jelaskan tentang ukuran langkah jahitan atau stitch length yang tepat dalam menjahit lurus.

Kain yang kita jahit itu ketebalannya berbeda – beda, ada yang tipis, sedang, dan tebal, bahkan ada yang sangat tebal, misalnya: ketika kita harus menjahit handuk. Ada pula kain yang tipis dan lembut, misalnya: kain sifon. Menjahit lurus adalah jenis pola jahitan yang sering kita gunakan dalam menjahit dengan mesin jahit portable. Berikut di bawah ini setting standar untuk langkah jahitannya:

  • kain yang tipis, langkah jahitannya: 2 mm.
  • kain yang sedang, langkah jahitannya: 2,5 mm.
  • kain yang tebal, langkah jahitannya: 3 mm.

Setting standar untuk langkah jahitan atau stitch length adalah 2,5 mm. Langkah jahitan 2,5 mm inilah yang paling banyak digunakan dalam menjahit lurus.

Pertama kita memang harus setting langkah jahitannya 2,5 mm, jika hasilnya bagus, kita dapat terus menggunakan langkah jahitan 2,5 mm ini.

Jika hasilnya buruk atau ada masalah, karena kainnya yang tipis atau ketebalan, barulah kita gunakan settingan seperti di atas, yaitu: 2 mm untuk kain tipis dan 3 mm untuk kain tebal.

Berlatihlah menjahit lurus dengan menggunakan langkah jahitan 2,5 mm dengan berbagai ketebalan kain karena tidak hanya pengaturan langkah jahitan saja yang dapat membuat hasil jahitannya bagus.

Yang harus diketahui adalah langkah jahitan atau stitch length untuk jahit lurus standarnya 2,5 mm, ini sudah menjadi Standar Internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *